Minggu, 31 Juli 2011

Aku Dan Kuda Besi

Baru aja ada seorang sobat lama yang maen ke rumah, kamipun ngobrolin masa-masa muda dulu. Waktu itu lagi bandel-bandelnya naik motor. Mumpung masih kebawa suasana sekalian kuposting nostalgia bareng kuda besi. Dimulai dari :
Yamaha Alfa 1994
 
Masih inget baget saat kelas 2 smp di rumah ada 2 motor. Honda Astrea 1995 punya bapak dan Yamaha Alfa 1994 merah jatah kakak. Suatu sore ku todong kakak yang baru pulang naek motor, ku bawa muter-muter itu Alfa merah. Wkwkwk padahal itu pertama kali aku naek motor, dan alhamdulillah tidak terjadi sesuatu yang merugikanku…kecuali ayam tetangga yang sukses kulindas (salah sendiri maen di jalan plus diklakson gak mau minggir).
Yamaha Alfa 1996
Niy motor bandel banget, tapi dasar masih bocah g kerawat deh. Perasaan ku gak pernah ngisi oli samping deh, apalagi servis hahaha yang penting ngebut (mungkin bapak yang ngrawat saat itu). Pake niy motor pula pertama kali aku menggelepar di jalan.
Yamaha Cripton 1997
Gara-gara nyungsep itu ahirnya musti say good bye ma Alfa. Gantinya Yamaha Crypton 1997 hitam yang juga ga berumur lama gara-gara tabrakan saat ikut balapan di jalan deket sekolah.
Honda GL-Pro 1995
Niy motor belinya bekas, gara-gara aku rewel minta Honda Tiger mulu…hahaha koq dapatnya GL-Pro ya??? Gak tau kenapa ni motor susah banget ngidupinnya (gak ada electric stater) tapi memang swear berat banget ngayuh stater kakinya. Sampe-sampe sandalku pernah mental ke atas genteng gara-gara tendangan balik hasil kayuhanku yang dasyat. Nasibnya tragis cuma 1 minggu nongkrong di garasi.
Suzuki Shogun 1998

 
Bebek lagi…hem ini motor pertama yang aku modalin. Cat mungkin dah aku ganti warna sampe 5 kali. Warna aslinya ijo, pernah ganti item, silver, oranye, biru Telkom dan balik item lagi (tapi semua di atas body baru imitasi). Gas pake merk Magura, knalpot ada model racing merk tom cat dan konic. Suaranya mantab, apa lagi kalo glasswoolnya habis wkwkwk. Pelek ganti pake alumunium merk TK warna emas. Mesin standar di simpen gantinya beli yang dah di modifikasi pake kopling manual komplet dengan jeroan dan karburator yang kata  penjualnya dah spek racing. Foot step ganti model racing. Gimana rasanya naek….capek banget karena stang ikut di turunin pake las. Tapi kalo larinya jangan ditanya deh sering menang kalo turun di balapan liar, meski yang naek bukan aku.
Yamaha L2S
Niy motor “tukang sayur”, tukang sayur dulu naeknya motor beginian ga kayak sekarang yang pada naek Mega Pro atau malah Tiger Revo. Dulu beli niy motor rencana buat dipake kuliah, gara-gara maraknya maling motor. Tapi ga tahan, masak di kampus dengan banyak cewek cantik malah bawa motor butut. Nekat deh bawa shogun racing, alhamduillah aman-aman saja.
Honda Mega Pro 2000
 
Ni motor sebenernya hadiah karena berhasil lolos UMPTN (kalo sekarang SMPTN) dan niat awal saat pergi ke dealer Honda adalah mo ambil Tiger, tapi ternyata harus inden 1bulan. Dah gak sabar akhirnya bawa pulang tuh Mega Pro item yang jadi display. Cukup lama ku naek ni motor, dah sering muter-muter daerah jawa tengah bareng beberapa kecengan (hehe…asoy). Yang bikin bangga adalah niy motor pernah ngagetin “Dewi Sandra” dan “Bernart Antolin” karena kedubrak tepat di samping mereka saat ada acara yang di sponsori “Clear” di kampus wkwkwk. Penilaian tentang ni motor adalan : Nyaman buat jaran dekat dan jauh (mungkin karena stangnya yang tinggi dan footstep yang datar sehingga posisi duduk tidak membungkuk). Konsumsi bensin iritm dan harga spare part murah.
Honda Tiger Penguras Tabungan
Tahun 2004 akhirnya dapat deh motor idaman. Ya… Honda Tiger warna hitam. Hari kedua ditangan langsung knalpot pake yang gedhe (merk Konic), pelek pake Okinawa  17” tapak lebar dengan ban tubeless 110/17-130/17. Bulan depannya pasang monoshock, lalu cakram belakang. Mesing di lobangi untuk masang oil cooler. Lampu depan ganti punya RX-King, lalu ganti lagi pake Sonic, lalu model alien. Stang ada model jepit, trail juga (lupa merknya), box belakang buat turung juga ada 2 biji, engine cover ganti sampe 3 kali, pernah pake fairing juga. Buntut pernah ganti model RCV juga. Pelek bosen beli lagi yang lebih lebar. UWA…habis-habisan deh tiap punya duit cuma buat ngurusin Tiger. Mana perawatan dan harga spare partnya muahal. Mantan pacar juga suka ngambek karena sering telat apel gara-gara kelamaan moles Tiger. Pernah mantan pacar manyun selama makan malam, gara-gara aku jemput jalan kaki (Tiger baru dimandiin dan dipoles hampir 2jam, tau-tau hujan deras turun).
Suzuki Skywave 2008

Akhirnya pada 2008 dilego deh tuh Tiger. Gantinya “Skywave 2008” matic keluaran Suzuki warna merah. Yang bikin suka, joknya lebar dan panjang+bagasinya yang bisa muat helm. Modelnya juga paling cantik diantara matic lain (penilaian pribadi saat itu). Ni motor sampe sekarang gak diapa-apain, orisinil..nil..nil.
Honda GL-Pro 1994
Ni motor plat nomornya jauh banget, KT alias dari Kalimantan Timur. Pertama datang kondisi mengenaskan. Pelek peang, body gak komplit, larinya pernah diasapi kakek-kakek pake Suzuki peot bawa kayu bakar di jok belakang. Mulai deh restorasi, body yang ilang diganti baru, yang kusam dipoles sampe kinclong. Pelek, ban dan shock belakang make sisa peninggalan Tiger. Mesin dibelah yang renta diganti baru. Hasilnya nyaman plus gak bikin malu di jalan.
VESPA

Tahun 2008 awal perkenalanku dengan vespa. Awalnya cuma iseng, pas ada duit (biasanya duit ludes buat Tiger) ada temen yang nawarin vespa super 1976. Hahaha parah rem gak ada, body korengan semua, lampu-lampu jangan ditanya ga ada yang normal. Mana aku belum pernah naik vespa sama sekali sebelumnya. Alhasil 2jam setelah berpindah tangan, aku nambah koreng di kempol kiri karena nabrak tong di pertigaan depan kantor polisi. “Remnya gak pakem pak!” teriakku saat seorang polisi keluar dari kantor. Ajaibnya setelah liat tungganganku, tuh polisi masuk ke dalam lagi??? “Motor sakti” pikirku saat itu. Setelah beberapa kali masuk bengkel aku mulai menikmati naik vespa. Gak perlu maksa ngebut (orang pasti maklum, khan motor tua nyantai aja bawanya). Selain nyaman, ternyata ada satu hal yang membedakan pengendara vespa dengan motor-motor merk lain. Sifat persaudaraan yang sangat kuat kurasaskan dari mereka. Aku yang buta dengan mesin vespa sering dibantu saat mengalami masalah di jalan. Bahkan saat bertemu aku selalu mendapat sapaan dari sesama pengendara vespa. Akhirnya aku sering bergabung dengan komunitas pengendara vespa di kotaku, dan mendapat banyak teman dan pengalaman baru yang mengasyikkan. Saat sempat aku selalu mengikuti event-event vespa di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Selain si Super 1976 sekarang ada Super 1979, PTS 90cc 1979, PX 1979 dan Sprint 1976 di garasi. Semua dalam kondisi laik jalan karena rajin ku servis di bengkel langganan tiap 3 bulan. Dan biaya perawatan ke lima vespaku lebih murah dari biaya ngrawat si Tiger. Meski tidak bisa mengendarai mereka semua setiap hari, puas rasanya bisa melihat mereka saat pulang kerja di malam hari.
Hahaha…masa depan memang tidak pernah bisa ditebak, tidak pernah terbayang akan melabuhkan cinta pada kuda besi berjenis vespa. Entah apa lagi kejutan yang menunggu di depan? Semoga sesuatu yang terbaik untukku, amin. 

NB: Karena tidak mempunya foto dari beberapa motor, maka terpaksa majang punya tetangga hahaha...   

1 komentar: