Minggu, 31 Juli 2011

Aku Dan Kuda Besi

Baru aja ada seorang sobat lama yang maen ke rumah, kamipun ngobrolin masa-masa muda dulu. Waktu itu lagi bandel-bandelnya naik motor. Mumpung masih kebawa suasana sekalian kuposting nostalgia bareng kuda besi. Dimulai dari :
Yamaha Alfa 1994
 
Masih inget baget saat kelas 2 smp di rumah ada 2 motor. Honda Astrea 1995 punya bapak dan Yamaha Alfa 1994 merah jatah kakak. Suatu sore ku todong kakak yang baru pulang naek motor, ku bawa muter-muter itu Alfa merah. Wkwkwk padahal itu pertama kali aku naek motor, dan alhamdulillah tidak terjadi sesuatu yang merugikanku…kecuali ayam tetangga yang sukses kulindas (salah sendiri maen di jalan plus diklakson gak mau minggir).
Yamaha Alfa 1996
Niy motor bandel banget, tapi dasar masih bocah g kerawat deh. Perasaan ku gak pernah ngisi oli samping deh, apalagi servis hahaha yang penting ngebut (mungkin bapak yang ngrawat saat itu). Pake niy motor pula pertama kali aku menggelepar di jalan.
Yamaha Cripton 1997
Gara-gara nyungsep itu ahirnya musti say good bye ma Alfa. Gantinya Yamaha Crypton 1997 hitam yang juga ga berumur lama gara-gara tabrakan saat ikut balapan di jalan deket sekolah.
Honda GL-Pro 1995
Niy motor belinya bekas, gara-gara aku rewel minta Honda Tiger mulu…hahaha koq dapatnya GL-Pro ya??? Gak tau kenapa ni motor susah banget ngidupinnya (gak ada electric stater) tapi memang swear berat banget ngayuh stater kakinya. Sampe-sampe sandalku pernah mental ke atas genteng gara-gara tendangan balik hasil kayuhanku yang dasyat. Nasibnya tragis cuma 1 minggu nongkrong di garasi.
Suzuki Shogun 1998

 
Bebek lagi…hem ini motor pertama yang aku modalin. Cat mungkin dah aku ganti warna sampe 5 kali. Warna aslinya ijo, pernah ganti item, silver, oranye, biru Telkom dan balik item lagi (tapi semua di atas body baru imitasi). Gas pake merk Magura, knalpot ada model racing merk tom cat dan konic. Suaranya mantab, apa lagi kalo glasswoolnya habis wkwkwk. Pelek ganti pake alumunium merk TK warna emas. Mesin standar di simpen gantinya beli yang dah di modifikasi pake kopling manual komplet dengan jeroan dan karburator yang kata  penjualnya dah spek racing. Foot step ganti model racing. Gimana rasanya naek….capek banget karena stang ikut di turunin pake las. Tapi kalo larinya jangan ditanya deh sering menang kalo turun di balapan liar, meski yang naek bukan aku.
Yamaha L2S
Niy motor “tukang sayur”, tukang sayur dulu naeknya motor beginian ga kayak sekarang yang pada naek Mega Pro atau malah Tiger Revo. Dulu beli niy motor rencana buat dipake kuliah, gara-gara maraknya maling motor. Tapi ga tahan, masak di kampus dengan banyak cewek cantik malah bawa motor butut. Nekat deh bawa shogun racing, alhamduillah aman-aman saja.
Honda Mega Pro 2000
 
Ni motor sebenernya hadiah karena berhasil lolos UMPTN (kalo sekarang SMPTN) dan niat awal saat pergi ke dealer Honda adalah mo ambil Tiger, tapi ternyata harus inden 1bulan. Dah gak sabar akhirnya bawa pulang tuh Mega Pro item yang jadi display. Cukup lama ku naek ni motor, dah sering muter-muter daerah jawa tengah bareng beberapa kecengan (hehe…asoy). Yang bikin bangga adalah niy motor pernah ngagetin “Dewi Sandra” dan “Bernart Antolin” karena kedubrak tepat di samping mereka saat ada acara yang di sponsori “Clear” di kampus wkwkwk. Penilaian tentang ni motor adalan : Nyaman buat jaran dekat dan jauh (mungkin karena stangnya yang tinggi dan footstep yang datar sehingga posisi duduk tidak membungkuk). Konsumsi bensin iritm dan harga spare part murah.
Honda Tiger Penguras Tabungan
Tahun 2004 akhirnya dapat deh motor idaman. Ya… Honda Tiger warna hitam. Hari kedua ditangan langsung knalpot pake yang gedhe (merk Konic), pelek pake Okinawa  17” tapak lebar dengan ban tubeless 110/17-130/17. Bulan depannya pasang monoshock, lalu cakram belakang. Mesing di lobangi untuk masang oil cooler. Lampu depan ganti punya RX-King, lalu ganti lagi pake Sonic, lalu model alien. Stang ada model jepit, trail juga (lupa merknya), box belakang buat turung juga ada 2 biji, engine cover ganti sampe 3 kali, pernah pake fairing juga. Buntut pernah ganti model RCV juga. Pelek bosen beli lagi yang lebih lebar. UWA…habis-habisan deh tiap punya duit cuma buat ngurusin Tiger. Mana perawatan dan harga spare partnya muahal. Mantan pacar juga suka ngambek karena sering telat apel gara-gara kelamaan moles Tiger. Pernah mantan pacar manyun selama makan malam, gara-gara aku jemput jalan kaki (Tiger baru dimandiin dan dipoles hampir 2jam, tau-tau hujan deras turun).
Suzuki Skywave 2008

Akhirnya pada 2008 dilego deh tuh Tiger. Gantinya “Skywave 2008” matic keluaran Suzuki warna merah. Yang bikin suka, joknya lebar dan panjang+bagasinya yang bisa muat helm. Modelnya juga paling cantik diantara matic lain (penilaian pribadi saat itu). Ni motor sampe sekarang gak diapa-apain, orisinil..nil..nil.
Honda GL-Pro 1994
Ni motor plat nomornya jauh banget, KT alias dari Kalimantan Timur. Pertama datang kondisi mengenaskan. Pelek peang, body gak komplit, larinya pernah diasapi kakek-kakek pake Suzuki peot bawa kayu bakar di jok belakang. Mulai deh restorasi, body yang ilang diganti baru, yang kusam dipoles sampe kinclong. Pelek, ban dan shock belakang make sisa peninggalan Tiger. Mesin dibelah yang renta diganti baru. Hasilnya nyaman plus gak bikin malu di jalan.
VESPA

Tahun 2008 awal perkenalanku dengan vespa. Awalnya cuma iseng, pas ada duit (biasanya duit ludes buat Tiger) ada temen yang nawarin vespa super 1976. Hahaha parah rem gak ada, body korengan semua, lampu-lampu jangan ditanya ga ada yang normal. Mana aku belum pernah naik vespa sama sekali sebelumnya. Alhasil 2jam setelah berpindah tangan, aku nambah koreng di kempol kiri karena nabrak tong di pertigaan depan kantor polisi. “Remnya gak pakem pak!” teriakku saat seorang polisi keluar dari kantor. Ajaibnya setelah liat tungganganku, tuh polisi masuk ke dalam lagi??? “Motor sakti” pikirku saat itu. Setelah beberapa kali masuk bengkel aku mulai menikmati naik vespa. Gak perlu maksa ngebut (orang pasti maklum, khan motor tua nyantai aja bawanya). Selain nyaman, ternyata ada satu hal yang membedakan pengendara vespa dengan motor-motor merk lain. Sifat persaudaraan yang sangat kuat kurasaskan dari mereka. Aku yang buta dengan mesin vespa sering dibantu saat mengalami masalah di jalan. Bahkan saat bertemu aku selalu mendapat sapaan dari sesama pengendara vespa. Akhirnya aku sering bergabung dengan komunitas pengendara vespa di kotaku, dan mendapat banyak teman dan pengalaman baru yang mengasyikkan. Saat sempat aku selalu mengikuti event-event vespa di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Selain si Super 1976 sekarang ada Super 1979, PTS 90cc 1979, PX 1979 dan Sprint 1976 di garasi. Semua dalam kondisi laik jalan karena rajin ku servis di bengkel langganan tiap 3 bulan. Dan biaya perawatan ke lima vespaku lebih murah dari biaya ngrawat si Tiger. Meski tidak bisa mengendarai mereka semua setiap hari, puas rasanya bisa melihat mereka saat pulang kerja di malam hari.
Hahaha…masa depan memang tidak pernah bisa ditebak, tidak pernah terbayang akan melabuhkan cinta pada kuda besi berjenis vespa. Entah apa lagi kejutan yang menunggu di depan? Semoga sesuatu yang terbaik untukku, amin. 

NB: Karena tidak mempunya foto dari beberapa motor, maka terpaksa majang punya tetangga hahaha...   

Sabtu, 30 Juli 2011

Yamaha RZR Ada Kali Bro…


Minggu kemaren maen di bengkel “KAMTOCH” (yang punya bengkel namanya Kamto biar rada keren namanya dimodif dikit hehe…), ternyata disana sedang ada pasien motor sport Yamaha yang lama gak kulihat. Sebuah Yamaha RZR warna merah bata (kayaknya ni make cat kaleng yang harga 18 ribuan itu deh) dengan kondisi mengenaskan. Selain cat yang senada ma sandal jepit kesayangan kesayanganku, mesinnya basah (bukan karena habis dicuci tapi olinya rata di semua bagian). “To sungai belakang airnya ngalir gak, kebelet niy?” tanyaku pada Kamto. “Ngalir tapi kamu ambil tempat di bawah pohon mangga tuh, yang laen dah ada yang nempati” tunjuk Kamto pada pohon mangga di tikungan sungai, agak jauh dari bengkel. Haha… boker di kali aja juga musti ngantri. Setelah 15 menit lega deh perutku, jalan lagi ke bengkel Kamtoch. Eh ternyata tuh RZR dah dibawa pulang ma yang punya. Belum sempat ngobrol ma Kamto, datang bro salah satu dedengkot vespa yang doyan banget sama motor 2tak. Karena bengkel lagi sepi ngobrol deh kami bertiga. Pembicaraan ku awali seputar motor yang baru ditangani Kamto. “Tadi RZRnya kenapa To?” tanyaku. Belum sempat Kamto menjawab si bro memotong “RZR…apa tuh Om?”. “RZR tuh motor sport 2tak jadul keluaran Yamaha yang pake fairing” jawabku. “Heh…modelnya kayak apa, RXZ kali maksud Om?” timpal si bro. “Bukan, niy tadi RZR fairingnya full beda ma RXZ yang Cuma pake kedok lampu dan engine cover” ngototku. “Memang Yamaha ngeluarin motor kayak gitu yah? Belum pernah liat aku” si bro malah gak percaya. Kamto….”Wah gak tau juga kalo namanya, gak ada tulisannya tadi”. Wah.wah..mereka koq bisa gak tau sama salah satu motor sport yang pernah melegenda di awal 90’an ini ya. So ni tulisan untuk mengingatkan bahwa Yamaha pernah mengeluarkan type sport 2tak RZR.
Ni fotonya

Ini adalah motor sport kelas ringan produk lokal dari PT.YMKI yang diproduksi pada awal hingga ahir 90’an. Desain yang dilengkapi full fairing memanjakan minat kawula muda yang gandrung sama tontonan GP. Yup RZR 135, meski memiliki desain mesin mirip dengan sesepuhnya yakni Yamaha RX-King 135, tapi memiliki karakteristik yang sangat berbeda. Jika RX-King mempunyai keunggulan diakselerasi yang spontan, RZR mempunyai power di top speed, hal itu dikarenakan perbedaan konstruksi gigi rasio yang ada pada kedua motor tersebut.
Yamaha RZR lahir lebih muda sekitar 4 tahun dari sang kakak Yamaha RXZ dengan kapasitas mesin dan jeroan yang hamper sama. Pada masanya kedua model sport ini lumayan laku di pasaran, meski masih dibawah bayang-bayang RX-King (mungkin karena niy motor gak selincah RX-King kalo dipake nyopet…haha just a joke). Ini ni teknologi yang diaplikasi pada motor RZR maupun RXZ:
▪ Engine: 2-stroke 135cc air-cooled engine
 ▪ Cylinder arrangement: Forward-inclined single cylinder
 ▪ Displacement: 133 cc
 ▪ Max power: 20 PS (15 kW) @ 8,500 rpm
 ▪ Max torque: 1.85 kgf·m (18.1 N·m) @ 7,500 rpm
 ▪ Max speed: 165 km/h
 ▪ Bore x stroke: 56.0 x 54.0 mm
 ▪ Compression ratio: 7*: 1
 ▪ Carburetion: Mikuni VM26
 ▪ Transmission: 6-speed return
 ▪ Clutch: Multiple-disc, wet manual
 ▪ Frame Type: Underbone steel tube
 ▪ Suspension (Front): Telescopic
 ▪ Suspension (Rear): Dual shock
 ▪ Brake (Front): Single-piston disc
 ▪ Brake (Rear): Drum
 ▪ Dry weight: 106 kg
 ▪ Fuel Tank Capacity: 13.0L
Meski shock belakang masih menganut system dual tapi dilengkapi system pengontrol rebound gas bertabung. Kata beberapa pengguna ni motor sanggup digeber hingga 140kph bahkan lebih dalam kondisi mesin standar pabrik. Tapi bahkan seingat saya pada tabloid motor langganan waktu masih muda dulu (haha…sekarang dah rada tua) jarang banget liputan tentang ni motor dipake balap.
Kalau dilihat jaman sekarang memang bentuk fairing RZR kelihatan kuno, tapi pada awal kemunculannya motor ini sempat membuat cemburu pengguna Suzuki RGR yang masih memakai fairing semi telanjang. Bahkan pada 1996 saat diadakan World GP di sentul Yamaha RZR 135 juga sempat dijual dengan grafis special edition yang mempunyai motif hampir menyerupai grafis Yamaha Marlboro Racing.

Selain Indonesia, Yamaha RZR juga diproduksi di Taiwan, Malaysia, singapura dan Thailand dengan spek yang hampir sama.  

Kalau yang ini RZR versi 250cc bro, mantap ya? 
Senasib dengan motor 2tak lain pelan tapi pasti keberadaan RZR tersudut oleh produk-produk bermesin 4 langkah. Akhirnya pada 1997 PT.YMKI menghentikan produksi RZR 135, dan untuk generasi baru mungkin memang tidak tahu akan motor type ini.

“Aku juga generasi baru Om, taunya motor kayak gini!”

 

Download Komik Slam Dunk 1-31 (komplet)


Slam Dunk, sebuah komik karya Inoue Takehiko yang pernah menginspirasi saya dalam bermain bola basket. Bahkan konon sejak kemunculannya, makin banyak remaja Jepang yang menggemari olah raga bola basket. Menurutku ini merupakan salah satu komik sport terbaik sepanjang masa. Dibanding komik dengan tema sama seperti Harlem Beat maupun Air Jordan, alur cerita terasa realistis meski endingnya menggantung. Tapi justru akhir cerita seperti ini yang menurutku menarik, karena pembaca bebas berimajinasi akan apa yang terjadi kemudian pada para tokoh utama. Soal gambar tidak perlu diragukan, aku kasih 4 jempol deh buat Mbah Inoue.
Komik ini berkisah tentang Hanamichi Sakuragi, seorang siswa baru di SMU Shohoku yang sewaktu SMP pernah ditolak oleh 50 orang gadis. DI Shohoku dia bertemu dengan Haruko, gadis yang membuatnya bergabung dengan tim basket. Di tim basket Shohoku Sakuragi berlatih keras dibawah bimbingan kapten Akagi demi mendapat perhatian Haruko. Sementara Haruko sendiri sebenarnya mengidolakan Rukawa Kaede, seorang siswa baru pula di Shohoku yang sudah terkenal kemampuan bermain bola basketnya. Rukawa akhirnya menjadi rival utama Sakuragi di lapangan basket, yang membuatnya menguasai permainan basket dengan sangat pesat. Bersama timnya Sakuragi berjuang keras untuk kejuaraan nasional. Kelanjutannya…mending baca sendiri biar seru hehe. Pengen tau aksi konyol Sakuragi gak perlu repot ke rental buku atau ngubek toko buku bekas, download aja manganya ke pc/notebook kamu. Kebetulan yang kudapat yang versi bahasa Inggris jadi sekalian belajar bahasa bule deh. Ni link yang nyediain download manga tersebut :


Vol 2 :
Vol 3 :
Vol 4 :
Vol 5 :
Vol 6 :
Vol 7 :
Vol 8 :
Vol 9 :
Vol 10 :
Vol 11 :
Vol 12 :
Vol 13 :
Vol 14 :
Vol 15 :
Vol 16 :
Vol 17 :
Vol 18 :
Vol 19 :
Vol 20 :
Vol 21 :
Vol 22 :
Vol 23 :
Vol 24 :
Vol 25 :
Vol 26 :
Vol 27 :
Vol 28 :
Vol 29 :
Vol 30 :
Vol 31 :

Mana Mungkin Aku Setia… (B.J. Habibie for Ainun Habibie)

Sebenarnya ini bukan tentang kematianmu, bukan itu.
Karena, aku tahu bahwa semua yang ada pasti menjadi tiada pada akhirnya,
dan kematian adalah sesuatu yang pasti,
dan kali ini adalah giliranmu untuk pergi, aku sangat tahu itu.
Tapi yang membuatku tersentak sedemikian hebat, adalah kenyataan
bahwa kematian benar-benar dapat memutuskan kebahagiaan dalam diri seseorang,
sekejap saja, lalu rasanya mampu membuatku menjadi nelangsa setengah mati,
hatiku seperti tak di tempatnya, dan tubuhku serasa kosong melompong, hilang isi.
Kau tahu sayang, rasanya seperti angin yang tiba-tiba hilang berganti kemarau gersang.
Pada airmata yang jatuh kali ini, aku selipkan salam perpisahan panjang,
pada kesetiaan yang telah kau ukir, pada kenangan pahit manis selama kau ada.
“Aku bukan hendak megeluh, tapi rasanya terlalu sebentar kau disini.”
Mereka mengira aku lah kekasih yang baik bagimu sayang,
tanpa mereka sadari, bahwa kaulah yang menjadikan aku kekasih yang baik.
Mana mungkin aku setia padahal memang kecenderunganku adalah mendua,
tapi kau ajarkan aku kesetiaan, sehingga aku setia, kau ajarkan aku arti cinta,
sehingga aku mampu mencintaimu seperti ini.
Selamat jalan, Kau dari-Nya, dan kembali pada-Nya,
kau dulu tiada untukku, dan sekarang kembali tiada.
Selamat jalan sayang, cahaya mataku, penyejuk jiwaku,
Selamat jalan, calon bidadari surgaku …